RSS

Profesi IT

Profesi seorang IT


Di masa sekarang persaingan di dunia kerja sangatlah ketat,terutama dalam bidang IT, jika kita tidak bisa menyesuaikan kemampuan diri dengan sesuai standart lapangan kerja yg ada,,maka bukan tidak mungkin kita akan mnjadi pengangguran seperti yg orang kebanyakan..

Namun sekarang bukan kemampuan atau soft skill j yg diperlukan..muncul nya perusahaan2 yang menawarkan penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain..Proses kegiatan ini dikenal dengan istilah “outsourcing.” misal ny dalam pengolahan data artinya pengolahan data tersebut dilimpahkan kepada perusahaan lain yang lebih kompeten di bidang IT(walaupun Tenaga outsource bukan orang IT)..

Hal ini sebenarnya cukup menguntungkan serta efektif dan efisien bagi perusahaan yang kurang mampu mengembangkan atau menyediakan tenaga IT yang berkompeten dalam mengatasi kendala-kendala IT maupun operasional kantor sehari-hari..



Jika seluruh pekerjaan dalm bidang IT di ambil oleh perusahaan outsourcing maka tidak da guna ny lagi orang2 yg mengambil jurusan dalam bidang It krn a sdh da outsourcing yg menangani..tentu hal ini tidak bisa dibiarkan bgtu saja karna saya sndri adalah orang IT murni..

Menurut saya meski outsourcing sedang ramai dibicarakan dan perusahaan2 mulai menggunakan outsourcing tetapi banyak masalah jg yg muncul akibat outsourcing tersebut, contoh nya banyaknya ke khawatiran dari pihak perusahaan2 yang memakai outsourcing tersebut tentang keberadaan bug-bug yang disengaja oleh pengembang, sehingga pihak pengembang dapat mengintip data-data perusahaan tersebut..Penggunaan outsourcing seringkali digunakan sebagai strategi kompetisi perusahaan untuk fokus pada core business-nya.

Namun, pada prakteknya outsourcing didorong oleh keinginan perusahaan untuk menekan cost hingga serendah-rendahnya dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda walaupun seringkali melanggar etika bisnis. Perusahaan yang menggunakan tenaga outsource diketahui 4 alasan menggunakan outsourcing, yaitu Efektifitas manpower, tidak perlu mengembangkan SDM untuk pekerjaan yang bukan utama dan memberdayakan anak perusahaan..berikut menurut saya dan pendapat orang tentang Masalah Yang Terjadi Dalam Penggunaan Outsourcing :

1. Perusahaan outsourcing masih banyak yang belum berbadan hukum.

2. Pelanggaran ketentuan outsourcing. Demi mengurangi biaya produksi,perusahaan outsourcing terkadang melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku.Yang berakibat Buruh2 berdemontrasi menuntut hak2nya.

3. Pelanggaran ketentuan outsourcing. Demi mengurangi biaya produksi, perusahaan terkadang melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku.

4. Tenaga outsource kurang knowledge, skill dan attitude (K.S.A).

Untuk itu saya saran kan jangan mudah percaya dengan perusahaan outsourcing.Karna masih banyak profesional IT yang dapat membantu perusahaan anda..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and jide-theater